Mengapa ada danau air asin?

Mengapa ada danau air asin?

Pertama kita harus mengetahui apa arti danau itu sendiri, danau adalah suatu kumpulan air dalam suatu basin atau cekungan. Dan menurut jenis airnya, danau di bagi 2 yaitu danau air asin dan danau air tawar.

Pembentukan Danau air asin

Pada umumnya terdapat di daerah semi arid atau arid, dimana tidak adanya pelepasan air laut sehingga air yang mengisi cekungan danau hanya berkurang melalui proses penguapan.

Daerah arid atau semi arid adalah daerah  yang mempunyai iklim kering dan curah hujan yang tidak menentu sekitar 700 mm pertahun dan kekeringan secara periodik. Daerah arid atau daerah iklim kering adalah daerah yang memiliki curah hujan bervariasi yaitu 50-100% dengan rata-rata hingga 350mm per tahun. Dan daerah semi arid atau daerah iklim semi kering adalah daerah yang memiliki curah hujan bervariasi antar tahunan antara 20-50% dengan rat-rata hingga 700mm.

Pembentukan danau air asin juga terjadi karena tempat yang dahulunya adalah lautan dan kemudian air laut tersebut terperangkap dalam cekungan daratan yang di sebabkan oleh berbagai macam peristiwa alam, seperti pergerakan seismik atau gempa bumi.

Sehingga air asin yang terdapat pada danau air asin bersumberkan langsung dari air laut yang dahulunya adalah lautan lepas.

Danau –danau tersebut dapat surut, bahkan sampai tidak ada airnya seperti pada musim kering yang berkepanjangan. Dan apabila danau semacam ini menjadi kering, maka tinggalah lapisan garam pada dasar danau tersebut.

Dan danau seperti ini disebut danau temporer atau danau sementara, mengapa danau seperti ini memiliki sifat temporer karena kering atau surut pada saat terjadi kekeringan yang cukup lama dan terisi kembali oleh air pada saat hujan terjadi.

Danau- danau yang bersifat temporer banyak terdapat di daerah arid yang memiliki kadar garam tinggi.contoh-contoh danau air asin adalah Great Salt Lake, kadar garamnya sebesar 18,6% , danau merah kadar garamnya 32%, dan danau kaspia atau yang sering di sebut dengan nama laut kaspia.


Gb. Laut caspia dilihat dari orbit

Gb. Danau Napabale di Indonesia

Sumber gambar http://www.google.co.id

Laut caspia merupakan sebuah laut yang terkurung oleh daratan di antara Asia dan Eropa (Rusia Eropa). Laut caspia merupkan kumpulan air asin terbesar di daratan, dengan luas permukaan 371.000 km 2, dan memiliki kateristik yang dimiliki oleh laut dan danau. Dan laut caspia sering dikategorikan danau terbesar di dunia.

Danau air asin pun terdapat di Indonesia salah satunya, Danau Napabale. Danau Napabale terletak di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara. Terletak di kaki bukit, dihubungkan ke laut melalui sebuah terowongan alami. Pada saat air laut surut para pengunjung dapat melintasi terowongan tsb. Namun apabila air laut sedang pasang sangat berbahaya untuk berenang karena air laut akan naik sampai ketinggian setengah meter di atas terowongan alam tsb. Di indonesia, pada umumnya danau air asin terletak dekat dengan pantai sehingga sumber asin danau tersebut berasal dari air laut pada saat terjadi air pasang.

Tinggalkan komentar